1. Perjelas Tujuan Anda.
Anda tidak akan dapat bekerja dengan benar sebelum Anda memiliki visi
dan misi yang jelas. Tanpa tujuan yang pasti dan pengetahuan mengenai
pekerjaan yang Anda lakukan, Anda pun bisa kehilangan arah dan berefek
bekerja sembarangan.
2. Make Some Strategics To Reach Your Goals.
Rumuskan stategi yang ingin Anda lakukan untuk meraih tujuan. Pastikan
kalau hal tersebut mampu Anda lakukan agar tidak ada alasan bagi Anda
untuk berhenti di tengah jalan. Dengan rancangan yang Anda buat secara
otomatis memberi Anda deadline bagi diri Anda sendiri untuk
menyelesaikan tugas. Semakin terorganisirnya diri Anda semakin Anda pun
dapat mematuhi kontrol yang telah dibuat, Anda akan termotivasi untuk
menyelesaikan semua tugas Anda dengan baik.
3. Tingkatkan Keberhasilan Anda.
Kata ‘sukses’ tentunya menjadi satu kata ‘ajaib’ yang dapat memicu
semangat Anda untuk maju. Tetapi apa Anda sudah cukup puas dengan apa
yang raih sekarang? Yakin bahwa potensi Anda lebih besar dari apa yang
Anda sadari saat ini. Kembangkan kreatifitas Anda dalam bekerja.
Kondisikan pekerjaan Anda semenarik mungkin sehingga bisa menjadi
motivasi Anda untuk bisa lebih dari yang sekarang.
4. Reward Yourself.
Diri Anda
bukan robot yang bisa selalu dipush untuk melakukan sesuatu. Tidak salah
jika sesekali Anda memanjakan diri Anda atas apa yang telah Anda raih.
Misalnya dengan pulang kerja tepat waktu setelah beberapa kali lembur.
Memberi istirahat bagi otak dan pikiran Anda juga sebuah reward.
5. Jaga Perspektif Anda.
Hal ini
penting untuk menjaga dan mengingatkan diri sendiri mengapa Anda
bekerja. Buatlah list alasan Anda memasuki dunia kerja Anda saat ini dan
mengapa Anda mau melakukan pekerjaan tersebut. Ingatkan juga diri Anda
bahwa work is work dan Anda tetap memiliki kehidupan di luar konteks
bekerja, enjoy your life dan buatlah sesuatu yang berbeda.
6. Jaga Keseimbangan Hidup Anda.
Sering terjadi Anda merasa kehilangan jati diri saat berada di tempat
kerja dan melupakan ada hal lain yang menanti Anda di luar sana. Menjaga
kredibilitas dan menjaga keseimbangan hidup adalah dua hal yang sama
penting untuk meningkatkan motivasi. Pastikan Anda meluangkan waktu
untuk hal di luar pekerjaan seperti untuk keluarga, berolahraga, belanja
atau hobi Anda lainnya yang dapat menyalurkan kreatifitas dan energi.
Hal-hal tersebut berguna untuk menghilangkan kejenuhan dan juga akan
membuat Anda lebih produktif di tempat kerja.
7. Think Positive.
Selalu pada
hal-hal positif sekecil apa pun itu. Berpikir negatif akan memberi
dampak yang buruk tanpa Anda sadari. Membaca buku-buku motivasi,
berbicara tentang hal-hal yang inspiratif juga bisa membantu Anda untuk
selalu berpikir positif dalam hidup khususnya dalam lingkup pekerjaan
Anda.
Sumber : LoKerNesiaKu dot com
0 comments:
Posting Komentar