7 Tips Cerdas agar Disayang Orang Tua

Senin, 03 Desember 2012


Salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam mengarungi kehidupan ini adalah keridhaan orang tua. Percaya atau tidak memang seperti itulah kenyataannya. Secara naluri kita terhubung langsung dengan orang tua kita, misalnya ketika kita ada apa-apa biasanya yang mersakan firasat tidak enak adalah orang tua, ini membuktikan bahwa kita benar-benar ada kaitan erat dengan beliau. 

Keterkaitan itu apabila positif akan melancarkan jalan kesuksesan kita, namun apabila negatif maka akan menghambat jalan sukses kita. Berikut merupakan tips agar kita mendapatkan tempat yang istimewa di hati orang tua kita:

1. Berdo'a kepada Tuhan 
Do'a memang sangat dahsyat pengaruhnya, dan merupakan senjata tercanggih sepanjang masa, tak lekang oleh waktu keampuhannya. Do'a agar kita menjadi anak yang baik dan soleh, berbakti kepada orang tua kita.

2. Mendengarkan Perkataannya 
Orang tua memiliki semacam hak untuk kita muliakan, memang begitu pada prinsipnya, karena secara langsung orang tualah yang merawat, membesarkan dan mendidik kita sampai memiliki tulang yang keras dan kepandaian yang brillian. Disaat kita mendengarkan perkataan mereka atau dengan kata lain tidak membantah dan mengatakan "ah" maka disaat itu mereka akan merasa senang. 

3. Pandai-pandailah Menyiasati Perasaan 
Dalam kehidupan terkadang kita merasa orang tua terlalu ini dan terlalu itu, tidak sesuai keinginan kita. Maka perasaan semacam ini memang terkadang timbul namun kita jangan mau larut dalam perasaan yang salah. Kita harus bisa menyiasati agar bisa sejalan antara pemikiran kita dan pemikiran orang tua. 

4. Berilah Senyuman Tulus dan Wajah yang Cerah 
Senyum mungkin kita anggap sepele, namun secara psikis ini sangat berpengaruh kepada kejiwaan seseorang, termasuk kita dan orang tua kita. Biasakanlah untuk tampil senyum dan secerah mungkin wajah di hadapan orang tua. 

5. Beri Orang Tua Hadiah 
Kalau kita memiliki kelebihan usahakanlah untuk memberikan orang tua hadiah, yang membuat mereka senang. Misalnya kalau kita tahu orang tua suka makan apel maka sekali waktu kita belikan apel atau yang lainnya.

6. Jangan Terlalu Menuntut di luar batas Kemampuan Orang Tua 
Terkadang kita jika melihat teman punya sesuatu maka kita ingin seperti itu juga dengan memaksakan kepada orang tua untuk membelikannya, padahal kita tidak butuh sekali barang atau sesuatu tersebut. 

7. Tempatkan Orang Tua di Urutan ke 3 
Urutan ke 3 yang dimaksud adalah kita menempatkan Tuhan di urutan teratas, Utusan Tuhan yang Mulia di urutan ke dua, barulah orang tua diurutan ke 3, artinya apa? artinya adalah apapun yang bertentangan dengan perintah Tuhan apabila diperintah orang tua maka kita menolak perintah orang tua dengan cara yang teramat sangat halus. Untuk menolak dengan halus ini diperlukan sedikit kecedasan kita untuk mengelolanya. 

Sumber : Original Words Ilham D. Matalauni

Article :

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes