12 Cara Mudah Belajar Matematika yang Efektif

Rabu, 05 Desember 2012



Untuk sebagian orang matematika adalah pelajaran yang sulit dan membingungkan, hal itu terjadi karena belum tahu cara belajar matematika yang mudah dan efektif. Berikut ini adalah cara mudah belajar matematika yang efektif: 

1. Buat Diri Bersemangat 
Semangat timbul dengan dorongan untuk bisa menguasai matematika dan menjadi nomor satu di kelas untuk mata pelajaran yg butuh penalaran dan logika berpikir ini.

2. Tanamkan dalam Diri Matematika itu Menyenangkan 
Tiap yang ditanam dengan baik, akan tumbuh menjadi karakter, kalau karakter kita sudah suka sesuatu maka kita akan menyenangi sesuatu tersebut. Senangilah matematika!

3. Buat Rumus-rumus pada Karton dan Tempel di Kamar
Karton dengan ukuran 60 x 60 cm misalnya di tulisi rumus-rumus matematika, dan di tempel berjejer di kamar. Daripada kamar ditempel poster-poster yang tidak bermanfaat lebih baik ditempeli rumus agar tiap hari kita bisa lihat selalu dan membuat rumusnya kepikiran terus. 

4. Gunakan Pola Penerjemahan ke Bentuk Simbol dan Angka 
Maksudnya apa? maksudnya adalah ketika kita ketemu dengan soal cerita, misalnya di program linier, atau di logika matematika, maka kita harus cerdik menerjemahkan soal itu dengan memetakannya dalam bentuk simbol dan angka. 

5. Masuk Bimbingan Belajar 
Di bimbel kamu akan lebih semangat belajar lagi, karena disamping banyak kawan belajar juga diajar oleh instruktur yang smart dan ahli di bidang matematika. 

6. Belajar Bersama Kawan yang Senang Matematika 
Kamu adalah dengan siapa kamu berkawan. Kalau kawanmu pemalas maka kamu akan ketularan malas dan jika kawanmu rajin belajar matematika maka kamu akan ikut ketularan semangat belajar matematika. 

7. Latihan Soal-soal 
Matematika tidak bisa hanya di lihat dan dibaca, harus ada kerja langsung, dalam bentuk cakaran misalnya.

8. Siapkan Buku Tebal 
Satu buku tebal khusus buat menyelesaikan soal-soal matematika. Buku ini akan jadi kenang-kenangan kamu jika sudah berumur dewasa nanti dan akan menjadi arsip yang bagus. Targetkan ratusan soal harus bisa kamu bahas sendiri di buku tebal itu.

9. Gunakan Pulpen berwarna-warni 
Soal matematika yang kamu kerjakan di buku baiknya di tulis dengan beragam warna pulpen, jangan hanya satu warna, sebab akan lebih indah kelihatannya dan membuat kamu semangat belajar matematika. 

10. Jangan Biasakan Menggunakan Kalkulator 
Kalkulator memang sangat penting dan harus selalu ada di kumpulan alat tulis menulismu. Namun apabila untuk menghitung hal-hal yang mudah alangkah bagusnya jangan gunakan kalkulator dulu. Kalkulator bisa digunakan hanya untuk mencocokkan hasil hitungan manual kamu sendiri. 

11. Percaya Diri Tingkat Tinggi 
Orang yang hebat matematika biasanya IQ nya diatas rata-rata, maka harus bisa percaya diri dalam arti jangan sampai sekalipun menyalin tugas hasil kerja teman apalagi mencontek saat ujian, itu adalah hal yang sangat memalukan. 

12. Berdo'alah Selalu 
Bagi yang muslim baca "Bismillahhirrahmanirrahim" sebelum belajar matematika agar kamu diberkahi dan ilmu yang kamu pelajari dapat bermanfaat nanti. 


Sumber : IDM

Article :

4 comments:

Extension mengatakan...

siipppp min

Unknown mengatakan...

Trimakasih

Unknown mengatakan...

terimakasih min buat tipsnya.. membantu saya untuk memberi motivasi buat anak didik saya. aku juga ada info nih cara membuat web yukk disini aja..

Unknown mengatakan...

Matematika is fun!!!

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes