21 Cara Cerdas Menjadi Juara Kelas

Sabtu, 10 November 2012

1. Rajin Beribadah
Ibadah merupakan pondasi awal untuk meraih semua kesuksesan. Dengan ibadah kita bisa meraih prestasi dan mampu berada dipuncak dengan stabil, sehingga tidak mudah turun peringkat.

2. Berdo'a
Do'a merupakan senjata tercanggih sepanjang masa, yang digunakan berabad abad lamanya dan sampai sekarang masih terbukti keampuhannya. Misalnya : "Ya Allah, jadikan hamba yang terbaik di kelas, atau lebih diperjelas Ya Allah hamba ingin juara I di kelas kabulkanlah, aamiin". Tiap sholat sisipkan itu pada do'a-do'a yang lain. Terlebih kalau kamu bisa tahadjud dan do'a di kesunyian malam seperti itu, saya jamin kamu pasti juara 1.

3. Belajar
Gunakan waktu malammu, habis maghrib minimal 15 menit, habis isya 1 jam. Terus kamu tidur jam 9 atau jam 10, dan bangun jam 4, belajar lagi hingga subuh.

4. Olah Raga
Pagi hari biar tidak ngantuk, kamu jalan pagi dan kalau bisa lari secukupnya, jangan sampai energi kamu terkuras, cukup 15 - 20 menit.

5. Mandi Pagi
Mandi pagi, menyegarkan badan kamu, dan kalau yang gampang sakit mandilah dengan air hangat, namun kalau kamu lagi sakit jangan dipaksaain mandi, nanti kamu bisa tambah parah sakitnya, cukup berwudhu dan mengusap badan dengan air hangat.

6. Sarapan
Sarapan ini sangat penting untuk membuat kamu kuat di sekolah selama menerima pelajaran. usahakan yang lembut-lembut dan kalau kamu punya kelebihan beli susu. Minuman yang bergizi dan menyegarkan.


7. Berangkat Ke Sekolah Jalan Kaki Kalau Dekat
Jalan kaki membuat badan kamu bugar, sehingga di kelas kamu lebih enerjik dibanding teman-teman kamu.

8. Berbuat Baik Kepada Sesama Teman
Kamu jangan suka jahilin teman, dan ikut-ikutan dengan teman lain yang bertindak tidak sopan. Kamu harus berbeda dengan mereka dan memberikan contoh bagaimana seharusnya bersikap. Jangan mudah terpengaruh dengan tindakan iseng teman kamu.

9. Sopan kepada Guru
Guru adalah sumber ilmu. Senangi guru-guru kamu, maka setiap ilmu yang ada padanya bisa pindah ke kamu dengan mudah, dan juga ketika kamu sopan ke guru akan memberikan nilai tambah bagi kamu dan akan membuat gurumu merasa senang.

10. Sopan Kepada Orang Tua
Ketika mau ke sekolah pamitan dulu, katakan Bu atau Pak saya berangkat dulu, itu minimal dan yang paling bagus itu kamu mencium tangan mereka sambil mengucapkan Assalmualikum saya berangkat ke sekolah dulu.

11. Jangan Jajan Sembarangan
Di sekolah khan ada kantin tuh, nah di kantin kamu harus pilih-pilih makanan yang mau kamu masukin ke tubuh kamu. Karena makanan yang sampah, misalnya mie instan atau snack itu ga baik untuk kesehatan kamu, begitu juga minuman kamu harus pandai-pandai memilih.

12. Senangi Teman-teman Yang Berprestasi.
Berkunjung ke rumah teman-teman kamu yang pandai bisa membuat kamu ketularan pandai, dan hindarilah teman yang mengajak kepada hal-hal negatif, namun tetap menjaga pergaulan dengan mereka jangan sampai kamu dianggap pilih-pilih teman. Tetap jalin hubungan tetapi harus ada batasan.

13. Buatlah Tugas Yang Diberikan Guru Tepat Waktu
Kerjakan tugas bersama-sama temanmu, jangan sampai hanya kamu sendiri yang kerja jika itu tugas kelompok, usahakan semua anggota kelompok bekerja, agar supaya kamu tidak capek terbebani dengan tugas yang satu sedangkan kamu masih banyak tugas yang lain.

14. Hindari Sikap Bangga Diri
Bangga diri atau sombong akan membuat kamu merasa lebih dari orang lain, sehingga kamu diibaratkan seperti gelas yang sudah penuh sudah tidak mau di isi lagi, tidak mau dikoreksi, tidak mau menerima saran, tidak mau dikeritik. Ini adalah sifat yang harus kamu hindari agar kamu dapat bertahan dipuncak prestasi kamu tanpa bisa digeser siapapun.

15. Tumbuhkan Percaya Diri
Kamu harus duduk di kursi paling depan. Harus bersebelahan dengan orang yang terbaik di kelas itu, minimal juara 2 atau 3. Dan jika kamu punya kekurangan maka atasi kekurangan kamu. Misalnya bau badan maka gunakan deodoran atau tawas, misalnya kamu gemuk turunkan berat badan, misalnya mulut kurang wangi : gosok gigi 5 kali sehari, dan sebagainya.

16. Perhatikan Penjelasan Guru
Jangan lewatkan apa yang disampaikan guru. Perhatikan dengan seksama dan konsentrasi penuh pada kalimat-kalimatnya dan usahakan kamu bertanya dengan sopan penuh rasa ingin tahu kalau diberi kesempatan bertanya.

17. Hindari Foya-foya
Misalnya sehabis pulang dari sekolah ada teman kamu yang mau ngajak nonton atau jalan-jalan di mana, maka tolaklah ajakan mereka secara halus. 

18.  Istirahat Yang Cukup
Jika terlalu letih belajar dan berorganisasi di sekolah maka kamu harus adil kepada dirimu sendiri, kamu harus istirahat minimal siang tidur 1,5 atau 2 jam dan malam tidur 6-8 jam. 

19. Manfaatkan Jejaring Sosial Sekedarnya
Facebook misalnya digunakan untuk hal-hal baik, tidak saling sindir menyindir, hina menghina dan lain sebagainya. Karena ini akan mempengaruhi kejiwaan mental kamu. Dan hindari dengan halus teman-teman yang berperangai buruk tanpa harus memusuhi mereka dan jika perlu kamu harus lebih kuat agar mampu memberi contoh yang terbaik untuk mereka.

20. Ikut Olimpiade Pelajaran Yang Kamu Sukai
Kalau ada pelajaran yang kamu senangi, benar-benar kamu harus tekuni itu. Beri porsi waktu lebih untuk pelajaran itu. Dan kalau perlu kamu les pelajaran itu. Kalau ada kesempatan kejuaraan-kejuaraan, misalnya cerdas cermat atau olimpiade, kamu jangan malu-malu tunjuk tangan dan mengajukan diri ke guru kamu untuk bisa ikut, tidak usah gengsi-gengsian mempromosikan diri, karena itu akan jadi pengalaman dan pelajaran kamu. Semakin banyak kejuaraan yang kamu ikuti semakin bagus.

21. Refreshing
Setelah penat dengan rutinitas, maka kamu baiknya meluangkan waktu untuk pergi ke pantai, atau berenang di kolam renang atau mendaki gunung atau yang lainnya yang positif yang bisa membuat kamu fresh kembali.


Sumber : Original Words Ilham D. Matalauni

Article :

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes