9 Cara Ampuh Dan Jitu Memilih Jurusan Perkuliahan

Sabtu, 10 November 2012

1. Kaji Dan Pahami Kemampuan
Ketika kamu ingin kuliah di satu jurusan, usahakanlah kamu telah mengkaji dengan bertanya kepada dirimu sendiri seberapa jauh kamu paham dengan jurusan itu.

2. Minati Jurusan Tersebut
Ketika kamu bertanya ke diri sendiri misalnya : apakah aku suka matematika? kalau jawabannya ya, maka kamu pilih jurusan matematika atau misalnya apakah aku benar-benar suka komputer? jika ya maka kamu pilih jurusan komputer atau informatika. Selanjutnya kamu minati dan senangi jurusan itu sehingga ketika kuliah kamu merasa enjoy dan menikmati perkuliahan dengan baik.

3. Kumpulkan Informasi Mengenai Tempat Dan Jurusan Perkuliahan
Informasi sangat penting, misalnya kamu tanya ke orang yang sudah berpengalaman atau kamu search di google tentang informasi yang ingin kamu dapatkan.

4. Persiapakan Biaya
Biaya memang harus direncanakan, karena kuliah itu butuh foto copi, beli buku, makan, transport dan biaya untuk tempat tinggal dekat kampus (kost) dll. Apalagi jika kamu memilih kampus dan jurusan yang memang benar-benar membutuhkan biaya ekstra. Bukan hanya kepandaian yang dinilai tetapi seberapa jauh kemampuan kamu untuk membiayai keperluan perkuliahan.

5. Peluang Karir Yang Ditawarkan
Ini harus kamu perhitungkan, karena banyak sarjana yang setelah lulus dia menyandangan 2 gelar sekaligus, yaitu gelar sarjananya dan gelar pengangguran. Maka hal ini harus benar-benar diperhitungkan dengan matang. 

6. Milikilah Perkumpulan Teman Yang Sehati Di Jurusan Yang Kamu Sukai
Teman sangat besar pengaruhnya bagi kita, berteman dengan orang yang penyemangat maka kita akan ketularan semangat, berteman dengan orang yang cerdas maka kita akan ketularan cerdas. Teman yang enerjik sangat membantu kita disaat kita lemah dan ada masalah.

7. Memilih Atas Inisiatif Diri Sendiri
Kamulah yang akan menjalani semua proses perkuliahan nanti, maka usahakan yang kamu pilih benar-benar dari hatimu bukan karena faktor luar dan paksaan dari pihak manapun. Dalam hal ini kamu harus tegas menentang semua hal yang tidak sesuai dengan keinginanmu.

8. Targetkan Harus Dapat Beasiswa
Jadi untuk membantu meringankan beban kuliahmu maka kamu harus punya target dapat beasiswa di jurusan kamu. Disamping kamu harus rajin belajar kamu juga harus bergaul dengan staf di jurusanmu, kalau mereka butuh bantuan kamu bantu dengan ikhlas dan sebisa mungkin, maka dengan hal ini ketika ada informasi beasiswa maka kamu menjadi prioritas mereka.

9. Milikilah Idola
Idola adalah sosok yang positif yang dapat memotivasi kamu dalam segala hal. Mislanya kalau kamu muslim kamu harus Idolakan Nabi Muhammad karena beliau adalah contoh yang terbaik. Boleh juga kamu pilih sosok Aa Gym, Mario Teguh, Ipho Santosa, Bong Chandra, Tung D Waringin, Andri Wongso, Fadel Muhammad, dll. Kamu pilah-pilah sisi-sisi yang bisa kamu ambil dari mereka dan kamu sulam hingga menjadi kepribadianmu sendiri. Kepribadian yang cemerlang akan menentukan prestasi kamu di kampus.


Sumber : Original Words Ilham D. Matalauni

Article :

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes