7 Metode Berpikir

Selasa, 04 Desember 2012


Berpikir merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat. Ketika seseorang berpikir yang bekerja adalah otaknya bukan ingatannya. Dengan bekerjanya otak maka proses penyelesaian suatu masalah dapat dengan mudah di selesaikan. Berikut merupakan beberapa metode berpikir yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dewasa ini.

1. Berpikir Vertikal
Berpikir vertikal merupakan suatu proses berpikir bergerak selangkah demi selangkah menuju suatu tujuan, seolah-olah orang tersebut sedang menaiki tangga.

2. Berpikir Kritis
Berpikir kritis adalah berpikir dengan memasukkan penilaian atau evaluasi yang cermat seperti menilai kelayakan suatu gagasan atau produk.

3. Berpikir Lateral 
Berpikir lateral adalah berpikir dengan melihat dari beberapa sudut baru, seolah-olah melompat dari satu tangga ke tangga lainnya.

4. Berpikir Analitis 
Berpikir analitis merupakan suatu proses berpikir dengan cara memecahkan masalah atau gagasan menjadi bagian-bagian. Kemudian menguji setiap bagian adakah kecocokan satu dengan yang lainnya, dan mengeksplorasi bagaimana bagian-bagian tersebut dapat dikombinasikan kembali dengan cara-cara yang baru. 

5. Berpikir Tentang Hasil
Berpikir tentang hasil yaitu berpikir dengan cara meninjau tugas dari prespektif solusi yang dikehendaki. 

6. Berpikir Strategis 
Berpikir strategis merupakan cara berpikir dengan mengembangkan strategi khusus untuk perencanaan dan arah operasi-operasi skala besar dari proyek tersebut dari sudut yang memungkinkan. 

7. Berpikir Kreatif 
Berpikir kreatif merupakan cara berpikir dengan mengarahkan kekuatan pikiran pada pokok persoalan yang menarik perhatian. Ketika seseorang menggunakan cara berpikir demikian, ia melakukan usaha untuk menyusun kembali fakta-fakta yang ada yang muncul dengan pandangan baru tentang masalah tersebut.


Sumber : Boost Your N.P Hal : 41; Anik Pamilu.

Article :

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes