Taksonomi Bloom Understanding

Minggu, 03 Februari 2013

2. Memahami ( Understand ): mengkonstruk makna atau pengertian berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki, mengaitkan informasi yang baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki, atau mengintegrasikan pengetahuan yang baru ke dalam skema yang telah ada dalam pemikiran siswa. Karena penyususn skema adalah konsep, maka pengetahuan konseptual merupakan dasar pemahaman. Kategori memahami mencakup tujuh proses kognitif: menafsirkan ( interpreting ), memberikan contoh ( exemplifying ), mengkelasifikasikan ( classifying ), meringkas ( summarizing ), menarik inferensi ( inferring ), membandingkan ( comparing ), dan menjelaskan ( explaining ).
 
2.1 Menafsirkan (interpreting): mengubah dari satu bentuk informasi ke bentuk informasi yang lainnya, misalnya dari dari kata-kata ke grafik atau gambar, atau sebaliknya, dari kata-kata ke angka, atau sebaliknya, maupun dari kata-kata ke kata-kata, misalnya meringkas atau membuat parafrase. Informasi yang disajikan dalam tes haruslah “baru” sehingga dengan mengingat saja siswa tidak akan bisa menjawab soal yang diberikan. Istilah lain untuk menafsirkan adalah mengklarifikasi ( clarifying ), memparafrase ( paraphrasing ), menerjemahkan ( translating ), dan menyajikan kembali ( representing ).
 
Contoh soal:  
Seorang ibu rumah tangga mengelola pengeluaran bulanannya yang berjumlah Rp 1.200.000 sebagai berikut:
 
No, Jenis pengeluaran, Jumlah
1 Belanja dapur Rp 600.000
2 Sewa rumah Rp 300.000
3 Ongkos Rp 150.000
4 Listrik + gas Rp 100.000
5 Tabungan + lain-lain Rp 50.000
 
Buatlah pengeluaran ibu tersebut dalam bentuk diagram lingkaran
 
2.2 Memberikan contoh (exemplifying): memberikan contoh dari suatu konsep atau prinsip yang bersifat umum. Memberikan contoh menuntut kemampuan mengidentifikasi ciri khas suatu konsep dan selanjutnya menggunakan ciri tersebut untuk membuat contoh. Istilah lain untuk memberikan contoh adalah memberikan ilustrasi ( illustrating ) dan mencontohkan ( instantiating ).
 
Manakah dari benda-benda berikut yang tidak mengandung bahan organik?
 
A. Daun yang mati
B. Darah
C. Besi
D. Jamur
E. Ranting pohon  
 
2.3 Mengkelasifikasikan (classifying): Mengenali bahwa sesuatu (benda atau fenomena) masuk dalam kategori tertentu. Termasuk dalam kemampuan mengkelasifikasikan adalah mengenali ciri-ciri yang dimiliki suatu benda atau fenomena. Istilah lain untuk mengkelasifikasikan adalah mengkategorisasikan ( categorising ).
 
Contoh soal:
Binatang manakah diantara binatang berikut yang tidak termasuk serangga?
 
A. Jengkerik
B. Nyamuk
C. Kecoa
D. Laba-laba
E. Kupu-kupu 
 
2.4 Meringkas (summarising): membuat suatu pernyataan yang mewakili seluruh informasi atau membuat suatu abstrak dari sebuat tulisan. Meringkas menuntut siswa untuk memilih inti dari suatu informasi dan meringkasnya. Istilah lain untuk meringkas adalah membuat generalisasi ( generalising ) dan mengabstraksi (abstracting ).
 
Contoh soal:
 
Istilah asing yang digunakan dalam pelajaran biologi bukanlah sekedar kata-kata yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang fungsinya dapat digantikan dengan kata-kata lain. Istilah-istilah dalam pela jaran biologi merupakan label untuk suatu konsep sehingga sulit untuk langsung diindonesiakan atau diganti dengan kata lain. Sebagai contoh, pengindonesiaan kata “chlorophyll” menjadi “klorofil” secara konsep sesungguhnya tidak akurat. Kata “chlorophyll” (chloro = pigmen warna hijau; phyll = daun) secara konsep menjadi hilang maknanya apabila diganti menjadi klorofil sebab dalam bahasa Indonesia tidak dikenal akar kata “kloro” maupun “fil”.
 
Pernyataan manakah yang merupakan inti paragraf di atas?
 
A. Dalam pelajaran biologi banyak istilah-istilah asing.
B. Istilah asing dalam pelajaran biologi banyak yang diindonsiakan
C. Istilah asing dalam pelajaran biologi merupakan penunjuk konsep.
D. Dalam bahasa Indonesia tidak dikenal istilah asing
E. Kata klorofil tidak berasal dari bahasa Indonesia.
 
2.5 Menarik inferensi (inferring): menemukan suatu pola dari sederetan contoh atau fakta. Untuk dapat melakukan inferensi siswa harus terlebih dapat menarik abstraksi suatu konsep/prinsip berdasarkan sejumlah contoh yang ada. Istilah lain untuk menarik inferensi adalah mengekstrapolasi ( extrapolating ), menginterpolasi ( interpolating ), memprediksi ( predicting ), dan menarik kesimpulan ( concluding ).
 
Contoh soal: No Tanggal Matahari terbit Bulan terbit 
1 1 Mei 05:34 17:53
2 2 Mei 05:34 18:43
3 3 Mei 05:35 19:33
4 4 Mei 05:35
5 5 Mei 05:36
6 6 Mei 05:36 21:53
7 7 Mei 05:35 22:43
 
Pada pukul berapakah bulan terbit pada tanggal 5 Mei?
A. 10: 23
B. 20: 33
C. 21: 03
D. 21: 33 
E. 21: 43
 
2.6 Membandingkan (comparing): mendeteksi persamaan dan perbedaan yang dimiliki dua objek, ide, ataupun situasi. Membandingkan mencakup juga menemukan kaitan antara unsur-unsur sa tu objek atau keadaan dengan unsur yang dimiliki objek atau keadaan lain. Istilah lain untuk membandingkan adalah mengkontraskan ( contrasting ), mencocokkan ( matching ), dan memetakan ( mapping ). Contoh soal:  Manakah dari pernyataan berikut yang bisa menggambarkan kejadian gerhana bulan?
 
A. Ditelannya bulan oleh raksasa
B. Habisnya batu baterai pada senter
C. Tertutupinya batu oleh bayangan pohon besar
D. Terhalangnya bintang oleh awan
E. Teduhnya bumi karena awan
 
2.7 Menjelaskan (explaining): mengkonstruk dan menggunakan model sebab-akibat dalam suatu system. Termasuk dalam menjelaskan adalah menggunakan model tersebut untuk mengetahui apa yang terjad i apabila salah satu bagian sistem tersebut diubah. Istilah lain untuk menjelaskan adalah mengkonstruksi model ( constructing a model ). Contoh soal: Mengapa batu baterai yang digunakan untuk menyalakan 2 buah lampu dengan rangkaian paralel lebih cepat “habis” dibandingkan apabila digunakan rangkaian seri?
 
A.Rangkaian paralel lebih boros daripada rangkaian seri
B.Energi yang dipakai pada rangkaian paralel lebih banyak
C. Rangkaian paralel tidak cocok untuk batu baterai 
D. Hambatan pada rangkaian seri lebih kecil
E. Rangkaian seri memerlukan kabl yang lebih pendek
 

Article :

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes