Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Generasi Muda Indonesia? ada 9 Bidang Yang Perlu Diperhatikan!

Sabtu, 17 Agustus 2013

Bismillahirrahmanirrahim,


Di era informasi saat ini, semuanya serba canggih, dengan arus masuk budaya dari berbagai bangsa yang hampir tidak ada batasan. Budaya barat yang berlainan dengan budaya orang-orang timur masing-masing saling mempengaruhi satu sama-lain.

Pengaruh dari beragam budaya tersebut harus bisa disaring dan disesuaikan dengan budaya bangsa kita. Orang timur yang memiliki budaya malu dan sopan santun, itu jangan sampai hilang. Namun kita juga harus mengapresiasi berbagai kemajuan teknologi dan pendidikan yang diperkenalkan dari negara-negara luar, agar supaya Indonesia tidak ketinggalan jaman dalam hal ilmu pengetahuan dan teknologi.

Saya jadi teringat kata-kata seorang penceramaah hebat, Beliau mengatakan " Indonesia ini adalah negara yang besar, luas, dengan jumlah penduduk yang banyak sekali, seharusnya yang menjadi negara super power adalah indonesia. Sumber daya alamnya melimpah, sumber daya manusianya banyak, terlebih keyakinan bangsa ini adalah Al-Islam, yang kita yakini sebagai agama paripurna, yang jika kita amalkan dengan sungguh-sungguh, bisa dahsyat hasilnya kelak, karena islam mengajarkan pribadi-pribadi agar menjadi pribadi yang berkualitas, ahli di dalam bidangnya".

Bidang-bidang yang harus menjadi perhatian adalah 1. Agama, 2. Pendidikan, 3. Kesehatan, 4. Ekonomi, 5. Politik, 6. Sosial, 7. Budaya. 8. Teknologi dan informasi 9. Pertahanan dan Keamanan. dan InsyaAllah, saya akan jabarkan secara singkat bidang-bidang yang harus diperhatikan oleh generasi muda bangsa untuk membentuk negara yang kuat.

1. Bidang Agama

Perintah dalam agama membuat pemeluknya menjadi pribadi yang baik jika ia menjalankannya  dengan benar. Dan adapula larangan dalam agama yang jika dilanggar maka akan mengakibatkan pemeluknya menjadi manusia tercela dan merugi.

Perintah dalam Islam, misalnya: Sholat: sesungguhnya sholat ini dapat mencegah seseorang dari perbuatan tidak baik jika dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Bukan hanya itu sholat juga akan melatih raga kita sehingga lebih sehat dan bugar, melatih jiwa kita sehingga terlepas dari tekanan yang bisa membuat jiwa kehilangan arah (karena setiap manusia butuh meditasi, penenangan diri, dan sholat menyediakan itu), Puasa : dapat melatih kesabaran, membersihkan organ pencernaan, mengeluarkan racun dalam tubuh secara alami. dan masih banyak perintah lain yang jika dikerjakan dapat membawa dampak positif bagi jiwa dan raga.

Disamping perintah, agama juga melarang segala bentuk perbuatan yang dapat merusak tubuh, misalnya minum-minuman keras, narkoba, pergaulan bebas tanpa batas, dan masih banyak lagi, yang semuanya itu dilarang keras dalam agama karena dapat merusak jiwa dan raga para pelakunya.

Jadi, dalam bidang agama ini, saya berharap agar generasi muda taat dalam menjalankan perintah agama dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh agama.

2. Bidang Pendidikan 
Pendidikan sebaiknya dimulai sejak dini, bahkan semenjak seseorang memutuskan untuk menikah. Dimana sebelum menikah seharusnya calon ayah dan calon ibu harus selektif secara ketat dalam memilih pasangan hidup. Menurut Rasulullah, seorang pemuda harus memperhatikan 4 hal (Harta, Kecantikan, Keturunan, dan agama, dan dianjurkan untuk memilih yang beragama walaupun dalam ke 3 hal ada yang kurang, karena agama merupakan syarat dasar yang harus terpenuhi, itu syarat utama, dengan tidak mengesampingkan yang lainnya. Bersyukurlah jika mendapatkan ke empat hal tersebut dalam diri seorang wanita, aamiin). Kenapa agama yang syaratkan, yakni karena ibu dari anak-anak kita merupakan pendidik pertama yang mendidik generasi muda bangsa ini. Jika ibunya baik insyaAllah bisa melahirkan dan mendidik anak-anak dengan baik.

Ibu mendidik di rumah, disekolah dididik oleh guru-guru yang profesional dan berkhlak mulia, yang kata-katanya terjaga, kemudian beriman kepada Allah dan hari akhir, insyaAllah anak akan meniru dan mengikuti apa yang disampaikan oleh sang guru di sekolah. Disamping itu sistem yang ada di sekolah harus benar-benar bisa mencerminkan lingkungan pendidikan yang kondusif. agar supaya anak-anak terbawa arus yang positif di dalam proses pencarian jati diri mereka. Kemudian kawan bergaul merupakan salah satu faktor pendidikan yang harus diperhatikan, karena seperti yang pernah di isyaratkan oleh Rasulullah " Berteman dengan penjual minyak wangi, ikut harum, berkawan dengan pandai besi, bisa bau bakaran), pilih lah teman positif ketika kamu masih lemah (artinya jauhi dahulu yang berperangai merusak), dan datangi pengaruhi mereka tatkala sikap positifmu sudah kuat.

Pendidikan dimulai sejak dini sekali, kemudian sd, smp, sma, perguruan tinggi. dengan benar-benar belajar sungguh-sungguh, dan cari penguatan yang positif agar bisa belajar dengan semangat terus-menerus.

3. Kesehatan
Kesehatan dimulai dari diri kita sendiri, cukup makan, cukup gizi, cukup tidur, cukup berolahraga dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merusak kesehatan. Misalnya begadang sampai larut malam nongkrong dengan geng motor, hura-hura, ini semuanya sikap yang merusak kesehatan. Dan adapun bagi para pemuda yang tidak melakukan hal-hal tersebut jika mengalami sakit maka segeralah berobat, jangan menunggu sakitnya sampai parah. Jika sudah mau terasa sakit, katakan ke orang tua agar mengantarmu ke dokter. Kesehatan amat sangat mahal, jagalah ia, dengan badan sehat kita bisa berbuat lebih banyak. hiduplah dengan teratur dan disiplin InsyaAllah kamu tidak gampang sakit, aamiin.

4. Ekonomi
Biasakan menabung sejak dini, jika ada kelebihan dan semua kebutuhanmu sudah tercukupi maka sisa dari uang yang kamu miliki sebaiknya ditabung. Agar supaya nanti jika membutuhkan uang pada saat mendesak, kamu masih memiliki simpanan.

5. Politik
Poli saya artiknya banyak, tik saya artikan tak tik atau strategi. jadi politik disini kurang lebih banyak strategi. Ya! menjalani hidup harus banyak strategi, dimanapun kamu berada, untuk berperang butuh strategi, main bola keseblasannya butuh strategi untuk menang, maka sebagai seorang pemuda, strategi yang kamu butuhkan dapat diperoleh dengan belajar, membaca, beraltih berpidato di depan umum, mengikuti kajian ilmiah, mengikuti oraganisasi yang bermanfaat, berkemah, mendaki gunung, nampak tilas, dan sebagainya yang dapat melatih gaya berpikir kamu sehingga secara tidak sadar kamu sudah menguasai berbagai macam strategi yang akan dibutuhkan suatu saat nanti.

6. Sosial 
Lebih tepatnya sosialisasi, yakni berbaur dengan masyarakat, teman sejawat dan siapa saja dengan tidak berlebih-lebihan. yakni jika ada undangan maka jika berkesempatan hadirlah (jika membawa kemanfaatan), kemudian bersosialisasi lewat media seperti facebook, twitter, smaboy  dan lain lain juga merupakan salah satu cara agar kamu bisa melihat watak dan karakter setiap orang, yang dengan itu kamu bisa memilih tindakan yang tepat dalam bersosialisasi sebenarnya di lingkungan nyata. Karena terkadang setiap orang meluapkan apa yang ada dalam dirinya di status facebook atau twitter dll. Maka dari sini kamu bisa membaca karakter dari beragam orang yang kamu kenal dan yang kamu tidak kenal baik laki-laki maupun perempuan.

7. Budaya
Budaya Memang merupakan hal yang mendasar dari suatu daerah atau  wilayah. Budaya gorontalo misalnya, ada tradisi pasang lampu ketika menelang 3 hari lebaran, dan ini menjadi aset yang menarik yang hanya dimiliki oleh daerah ini, begitu juga dengan daerah lain. Maka dari itu tugas dari generasi muda adalah melestarikan budaya lokal daerahnya yang unik yang tidak bertentangan dengan agama dan norma-norma kesusilaan.

8. Teknologi dan Informasi 
Tahun 1945 Jepang di bom atom, tahun 1945 Indonesia Merdeka, sekarang sama-sama tahun 2013, bedanya remaja jepang sudah bisa bikin handphone dan remaja indonesia sudah bisa pakai handphone. Artinya apa? artinya: kemajuan teknologi bangsa jepang sangat pesat, mereka segera bangkit dari keterpurukan dan langsung melesat menjadi raksasa asia dalam bidang teknologi. Silahkan perhatikan laptop yang kamu gunakan, handphone, motor, mobil sebagian besar produksi dari jepang. 

Kemudian disamping teknologi yakni informasi. sekarang ini arus informasi begitu cepat, berita di ujung afrika bisa diakses dari indonesia. Olehnya itu remaja dan para pemuda indonesia harus bisa mengakses informasi terbaru yang terjadi di berbagai belahan dunia dan juga mengupayakan diri untuk mempelajari teknologi dengan sungguh-sungguh.

9. Pertahan dan Keamanan
Kemiliteran harus ada disetiap negara yang diserahkan kepada para pemuda-pemuda gagah yang berjiwa kesatria. Pemuda indonesia harus kuat push up, kuat lari, kuat dalam olah raga, kuat bela diri, masuk karate, taekwondo, memanah, berenang, ketangkasan, gulat, berkuda, menembak, semua olah raga yang mendidik ketahanan tubuh, dengan tetap memperhatikan keselamatan diri dan tidak menykiti dan melukai diri secara tidak benar.

Berawal dari seorang pemuda yang memiliki semangat dan cita-cita yang tinggi, akan menuntun pemuda tersebut ke dalam kualitas pribadi yang tangguh, dengan badan yang atletis, sehat, bugar, ideal, dengan wajah yang cerah, berkharisma, memiliki pemikiran yang cerdas sehingga dengan ini mampu menggerakkan bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Indonesia butuh 100.000 pemuda yang beriman, bertaqwa, berilmu pengetahuan luas, sehat lahir bathin, dan punya keinginan untuk memperbaiki dan menyumbangkan sesuatu yang bisa ia berikan untuk negara yang dicintainya.

Mudah-mudahan pemuda itu adalah pemuda yang telah membaca tulisan ini! aamiin!


Sumber: Original Words Ilham D. Matalauni.

Article :

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes