16 Point Penting Mengatur Waktu Belajar

Minggu, 02 Desember 2012


1 Petakan berapa jam waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.

2 Prioritaskan tugas-tugas. Artinya mendahulukan tugas yg paling penting dari yg penting

3 Luangkan waktu malam untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas pagi harinya.

4 Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.

5 Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar. Misalnya matematika 50 menit, dll 50 menit

6 Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.

7 Rencanakan juga "deadline".

8 Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.

9 Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.

10 Hati-hati, jangan sampai apa yg kamu tulis dijadwalmu kamu langgar sendiri. Boleh tidak mengikuti jadwal yg penting penyebabnya adalah hal yg lebih penting lagi dari yg tertera di jadwal. 

Berikut ini cara-cara untuk mengatur waktu sehingga waktu belajar dapat terkoordinir

1 Membuat daftar "Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya. 

2 Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas, les dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok. 

3 Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman. 

4 Belajarlah dengan rutin setiap hari tetapi dengan frekuensi waktu yang tidak telalalu lama. Banyak pelajar malas belajar setiap hari dan waktu belajar favorit mereka adalah ketika ingin ujian saja. Mereka mulai mengobrak abrik buku catatan mereka yang begitu banyak. Perlu diketahui hal ini tidaklah baik karena kapasitas otak kita terbatas dan tidak mampu menampung materi pelajaran yang menumpuk dalam satu hari itu saja. Diibaratkan belajar seperti model itu adalah seperti memasukkan air seember dituangkan langsung ke dalam botol, lihat berapa banyak air yg masuk? sedikit khan? malah banyak yg tumpah. 

5 Atur waktu belajar anda sektia 5-10 menit saja. Misalnya: setelah pulang sekolah, makan siang kemudian istirahat. Setelah istirahat luangkan waktu 5 atau 10 menit membaca buku atau mempelajari materi yang ingin anda pelajari. Setelah magrib/isya luangkan waktu 5 atau 10 menit untuk belajar lagi kemudian tidur. Bangun pagi untuk sholat subuh bagi yang muslim, kemudian setelah itu luangkan waktu 5-10 untuk belajar. (ini hanya contoh dari saya, jika waktu belajar anda bisa anda atur sesuka anda akan tetapi sesuai pendapat para ahli diatas, aturlah waktu belajar yang tidak terlalu lama tetapi dengan frekuensi sering atau beberapa kali dalam sehari.)

6 Dahulukan pelajaran yang dianggap cukup sulit(sedang-sedang). Jadi dalam satu hari anda bisa belajar bukan hanya satu mata pelajaran saja. Misalnya setelah istirahat siang belajar Bahasa Inggris, setelah magrib/isya belajar MTK, setelah subuh belajar Kimia atau menggerjakan PR sekolah. Semoga dengan ini belajar bukan lagi suatu hal yang sulit dan membebankan bagi kita semua apalagi sebagai siksaan. Dengan ini semoga belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terima kasih,,,,,,,,, 

Sumber : Misbahul Munir Master Of Business dhinicharnetta blogspot.com

Article :

3 comments:

tipstrikblogging.com mengatakan...

Hanya saja terkadang kita tidak konsisten dengan jadwal belajar yg sdh kita buat sendiri?

Makasih sharingx.

Sahabat Pena mengatakan...

Betul sekali, semua tergantung sikap kosisten kita :) makasih kembali, info : translatenya keren!

Sahabat Pena mengatakan...

Betul sekali, semua tergantung sikap konsisten kita :) makasih kembali, info : translatenya keren!

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes