1. Dengarkan
Dalam
dunia kerja yang penuh dengan tenggat waktu dan kesibukan, Anda
seringkali lupa untuk mendengarkan. Seorang rekan kerja mungkin memiliki
ide yang brilian jika Anda mau berhenti dan mendengarkannya sejenak.
Mendengarkan teman kerja juga sebagai salah satu bentuk Anda menghargai
ide-idenya dan tanda bahwa Anda tidak bersikap egois.
2. Percaya
Langkah
pertama untuk membangun kepercayaan dalam pekerja dimulai dengan mulai
menunjukkan bahwa Anda percaya pada rekan kerja Anda. Dipercaya secara
profesional akan meningkatkan rasa percaya diri rekan kerja Anda. Jangan
khawatir jika Anda pernah kecewa padanya, karena kepercayaan memang
membutuhkan waktu.
3. Mengatasi Masalah
Mengatasi masalah
secara bersama juga bisa mempererat hubungan Anda dengan rekan kerja.
Cobalah selesaikan masalah dengan cara yang baik, dengan tidak memicu
perselisihan atau konflik. Kebanyakan masalah pekerjaan bisa
diselesaikan dengan diskusi secara terbuka dan komunikasi.
4. Mulai Duluan
Hubungan
baik tidak akan bisa didapatkan jika tak ada yang memulainya. Cobalah
untuk terlebih dulu memulai, misalkan dengan meminta bantuannya pada
saat-saat sulit atau memujinya saat dia melakukan hal yang baik. Sekedar
mengajukan pertanyaan atau berbicara secara ringan juga bisa Anda
lakukan untuk memulainya.
5. Saling Menghormati
Apapun
jabatannya dan siapapun rekan kerja Anda, dia berhak untuk dihormati
sebagaimana Anda juga ingin diperlakukan dengan baik. Saling menghormati
akan membuat hubungan kerja Anda semakin erat yang nantinya bisa
berdampak pada kinerja Anda dan rekan kerja dalam hal pekerjaan. Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun dan mempererat hubungan baik dengan rekan kerja Anda.
[Kun] ( Sumber dari Merdeka dot com )
0 comments:
Posting Komentar