7 Cara Smart Mempersiapkan Diri Menghadapi Soal Ujian Nasional 2013 Nanti

Selasa, 04 Desember 2012


Ujian Nasional 2013 tinggal beberapa saat lagi, alangkah baiknya seluruh siswa yang nantinya akan mengikuti ujian mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar dapat menyelesaikan soal ujian nasional 2013 ini dengan baik dan memperoleh hasil yang memuaskan. Berikut merupakan tujuh cara yang perlu diperhatikan oleh siswa: 

1. Melatih Diri dengan Soal-soal Tahun Sebelumnya.
Tiga bulan sebelum ujian siswa harus benar-benar matang dalam menguasai soal-soal ujian nasional beberapa tahun lalu. Minimal seorang siswa menguasai soal ujian 2012, 2011, 2010, 2009, 2008. 

2. Kejiwan dan Mental Harus Berada dalam Kondisi Good mood 
Disamping mempersiapkan diri dalam hal melatih mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya, siswa juga diharapkan mempersiapkan mentalnya, artinya apa? Segala hal yang berhubungan dengan psikologis harus segera diselesaikan. Contohnya : masalah dengan kawan sekelas, atau dengan guru bahkan dengan orang tua harus dituntaskan agar tidak mengganggu kejiwaan.

3. Mempersiapkan Kesehatan Fisik
Kesehatan fisik sangat berpengaruh pada pencapaian keberhasian apapun, dengan fisik yang sehat seorang siswa dapat berbuat lebih banyak, lebih dapat berkonsentrasi penuh, dan lebih dapat menyelesaikan soal dengan baik. Fisik yang sehat diperoleh dengan berolah raga, makan makanan yang bergizi, minum minuman yang bergizi dan istirahat yang cukup. 

4. Memperbaiki Ibadah 
Jikalau frekuensi ibadah masih kurang maka harus lebih ditingkatkan. Karena dengan beribadah dengan benar dan baik siswa akan mendapatkan kekuatan untuk menyelesaikan semua persoalan dengan baik. 

5. Mengunjungi Situs-situs Penyedia Latihan Soal 
Adapun salah satu situs yang menyediakan soal-soal ujian nasional adalah sibejoo.com. Siswa dapat belajar tutorial video dari situs itu ataupun mencari/search di google dengan menggunakan kata kunci misalnya pembahasan soal-soal ujian nasional dll. 

6. Les 
Kunjungi rumah guru-guru mata pelajaran, bawa soal yang dianggap sulit, tanyakan cara menyelesaikannya, kalau tidak minimal mengunjungi rumah teman yang biasa rengking di kelas, ikut kursus di lemabaga bimbingan belajar atau les privat.

7. Petakan dengan Jelas Waktu Belajar Berlatih Soal.
Dalam waktu tiga bulan lagi misalnya : ada 3 mata pelajaran minimal, Matematika (2012, 2011, 2010, 2009, 2008), Bahasa Inggris (2012, 2011, 2010, 2009, 2008), Bahasa Indonesia (2012, 2011, 2010, 2009, 2008). 3 bulan biasanya 90 hari : ada 600 soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya yang harus diselesaikan dengan asumsi 40 nomor soal untuk satu tahun. Dengan memetakan waktu belajar maka belajar bisa lebih terkontrol dengan baik. 

Sumber : Original Word IDM

Article :

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes